Sunday, May 4, 2014

BIOGRAFI PARA ULAMA TERKENAL


IMAM AL- BUKHARI
Beliau adalah seorang ulama besar yang termashur yang tidak ada tandingannya, dalam bidang hadis. Naa lengkapnya adalahAl-Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Isma'il Ibn Ibrahim Ibn al-Mughirah al-Bukhari. Beliau lahir di Bukhara pada tahun 816 M./184 H. Mulai mempelajari dan menghafal hadis waktu berumur kurang dari sepuluh tahun.
Banyak negara yang disinggahinya untuk mempelajari hadis diantaranya adalah negara Irak, Khurasan, Siria, Mesir, Kufah, dan Basrah. Bukhari di Negara-negara ini menekuni hadis sehingga disamping menghafal 100.000 hadis sahih dan 200.000 hadis yang tidak sahih.
Karya terbesar Imam Bukhari yang terkenal adalah al-Jami' al Sahih, yang menghimpun hadis-hadis sahih yang merupakan saringan dari beribu-ribu hadis yang ada dalam hafalannya.

IMAM MUSLIM
Beliau adalah seorang ahli hadis yang terkenal yang menyusun kitab Sahih Muslim. Nama lengkapnya adalah Ibnu al-Hajjaj Ibnu Muslim al-Qusyairi an-Nisaburi, memiliki gelar al-Husein, beliau lahir pada tahun 820 M./204 H. di kota Nisabur. Dalam mempelajari hadis beliau mengadakan perlawatan ke beberapa Negara seperti Hijaz, Mesir, Syam, dan Irak.
Karya-karya ilmiyahnya antara lain: Al-Musnad al-Kabir, Kitab Al-jami', Kitab Al-Kuniyah wa al-Asma'. Al-Arrad wa al-Wahdan, al-Qur'an, Msdysik sl-Saury, Tasmiyat Syuyukh Malik wa Sufyan wa Syu'bah, Kitab Tabaqat, dan Kitab al-'Ilal.
Karya Imam Muslim yang terkenal adalah Al-jami' al Sahih terkenal dengan Sahih Muslim.

IMAM ABU HANIFAH
Nama lengkapnya adalah Abu Hanifah al-Nu'man bin Sabit Ibn Zuta al-Taimy, berasal dari keturunan Parsi, lahir di Kufah tahun 80 H./699 M. dan wafat di Bagdad tahun 150 H./767 M. Beliau adalah pendiri mazhab Hanafi yang terkenal dengan ,… al-Imam al-A'zam  yang berarti Imam terbesar.
Abu Hanafi dikenal sebagai ulama Ahl alra'yi, dalam menetapkan hukum Islam, baik yang diistinbatkan dari al-Qur'an maupun hadis, beliau banyak menggunakan nalar. Abu Hanifah meninggalkan tiga karya besar, yaitu: Fiqh Akbar al-'Anin wa al-Muta'alim dan Musnat Fiqh Akbar.

IMAM MALIK
Imam Malik adalah Imam yang kedua dari Imam-imam empat serangkai dalam Islam dari segi umur. Beliau lahir di kota Madinah, suatu daerah di negeri Hijaz tahun 93 H./ 712 M. dan wafat pada tahun 179 H./798 M. di Madinah pada masa pemerintahan Abbasiyyah. Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Malik Ibn Anas Ibn Malik Ibn abi 'Amir Ibn al-Haris.
Imam Malik adalah seorang mujahid dan ahli Ibadah sebagimana halnya Imam Abu Hanifah, beliau seorang tokoh terkenal sebagai alim besar dalam ilmu hadis. Di antara karya-karyanya adalah Al-Muwatta'.

IMAM AL-SYFI'I
Imam al-Syafi'i dilahirkan di Ghazah pada bulan Rajab tahun 150 H./767 M. dan Wafat di Mesir pada tahun 204 H./819 M. Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad Ibn Idris Ibn Abbas Ibn Syafi'i Ibn 'Ubaid Ibn Yazid Ibn Hasyim Ibn Abdul Muttalib Ibn Abd al-Manaf Ibn Qusyai al-Quraisyiy. Pada umur 7 tahun beliau sudah hafal Al-Qur'an.
Imam Syafi'i termasuk Ahlu al-Hadis, beliau mempunyai dua pandangan yaitu Qaul Qadim dan Qaul Jadid. Qaul Qadim terdapat dalam kitabnya yang bernama al-Hujjah, sedangkan Qaul Jadid terdapat dalam kitabnya yang bernama Al-Umm. Menurut Abu Bakar al-Baihaqy dalam kitabnya Ahkam al-Qur'an bahwa dalam karya Imam Syafi'i cukup banyak, baik dalam bentuk risalah maupun dalam bentuk kitab. Al-Qadi Imam Abu hasan Ibn Muhammad al-Maruzy mengatakan bahwa Imam al-Syafi'i menyusun 113 buah kitab tentang tafsir, fiqh adab dan lain-lain.